Berbagi Informasi Menarik | 2020

Sabtu, 28 Desember 2019

5 Keuntungan Menggunakan Asuransi Kesehatan Cashless

Asuransi Kesehatan Cashless

Asuransi semakin berkembang dari waktu ke waktu. Bukan hanya produknya yang semakin beragam namun juga sistem dan pelayanannya yang lebih baik dari kemarin. Hal yang sama dialami pula oleh jenis asuransi kesehatan. Jika sebelumnya hanya ada satu sistem yaitu reimbursement, kini sudah ada asuransi kesehatan cashless yang memberikan kemudahan dalam melakukan klaim kesehatan.

Sistem asuransi reimbursement merupakan sistem konvensional yang mengatur pengajuan klaim setelah perawatan dilakukan. Sehingga Anda akan menggunakan uang pribadi terlebih dahulu, baru kemudian setelah proses klaim diterima, uang pertanggungan akan cair. Proses ini lama dalam urusan administrasi. Maka sekarang muncul sistem cashless yang dapat melakukan klaim real time atau saat itu juga dengan menggunakan kartu member.

Keuntungan Asuransi Cashless

Apa saja keuntungan sistem asuransi cashless ?

1. Proses klaim dapat dilakukan dengan cepat
Jika sistem reimbursement, proses klaim dapat sangat lama karena alur dan berbagai persyaratan administrasi yang banyak. Hal tersebut menyita waktu dan tidak jarang proses klaim ditolak jika ada dokumen yang kurang lengkap. Jika menggunakan sistem cashless, Anda hanya perlu menggesek kartu anggota pada sistem rumah sakit yang menjadi mitra dari asuransi.

2. Menghindari kegagalan pengajuan klaim
Tidak jarang kegagalan klaim disebabkan oleh kesalahan kecil seperti ada dokumen yang hilang atau kurang. Maka sistem pembayaran cashless sebenarnya dapat mereduksi hal tersebut karena proses klaim yang dilakukan bersifat real time. Saat itu juga diproses sehingga mengurangi kegagalan klaim karena dokumen dan sejenisnya.

Adanya sistem ini terbukti memudahkan dan benar-benar menjadi solusi masa kini. Apalagi saat ini pengguna asuransi memiliki jam sibuk yang cukup padat sehingga tidak memiliki cukup waktu untuk mengurus printilan asuransi yang kadang terkesan muluk. 

3. Tidak perlu menyiapkan dana
Jika sistem reimbursement, sistemnya adalah Anda membayar biaya pengobatan terlebih dahulu, baru kemudian pengajuan klaim. Setelah proses klaim berhasil dilakukan, Anda akan mendapatkan uang pertanggungan dari perusahaan asuransi. Proses ini tentu membutuhkan dana talangan.

Jika Anda menggunakan asuransi cashless, tidak perlu menyiapkan dana talangan. Bahkan proses klaim dapat dilakukan diawal proses perawatan akan berlangsung. Tentu saja sistem ini lebih mudah bukan dibandingkan sistem sebelumnya?

4. Perawatan dan penanganan cepat
Jika kondisi darurat terjadi, maka sistem cashless ini akan sangat membantu. Proses administrasi yang biasanya panjang dapat dipangkas dengan mudah sehingga tertanggung dapat segera mendapatkan perawatan maksimal dari rumah sakit. Pihak keluarga juga akan lebih mudah dalam melakukan pengurusannya tanpa harus memikirkan dokumen klaim seperti reimbursement.

Demikian beberapa kelebihan sistem asuransi kesehatan dengan pembayaran cashless. Bagaimana, apakah Anda semakin berminat untuk memiliki asuransi jenis ini? Apabila efisiensi waktu dan keuntungan yang menjadi prioritas, maka tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak segera menjadi pengguna asuransi cashless.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar