Berbagi Informasi Menarik | 2019

Sabtu, 16 November 2019

Tips Membeli Motor Bekas Agar Tidak Tertipu

Tips Membeli Motor Bekas Agar Tidak Tertipu

Motor kini merupakan sebuah kendaraan yang wajib dimilik oleh masyarakat Indonesia, khususnya di kota-kota besar. Membeli motor bekas menjadi pilihan bagi yang ingin memiliki motor. Namun, harga jual motor baru yang cukup tinggi menjadi alasan sebagian orang lebih memilih motor bekas.

Namun dalam memilih motor bekas, ada baiknya untuk melihat detail, spesifikasi dan kondisi motor bekas yang akan dibeli. Nah, agar tidak tertipu dan menyesal dikemudian hari berikut beberapa tips membeli motor bekas.

Tentukan Motor yang Ingin anda Miliki
Jika anda ingin memiliki motor yang bisa dipakai di medan yang sulit, tentu tidak mungkin anda membeli motor matic atau vespa. Jika anda ingin membeli motor yang memiliki bagasi yang luas, tidak mungkin anda memilih motor bebek. Nah, pastikan anda sudah membuat pilihan motor apa yang akan anda beli.

Ketahui Harga Pasaran 
Jika sudah menentukan jenis motor yang akan anda beli, pastikan anda sudah mengecek harga pasaran motor jenis tersebut di berbagai sumber. Jangan sampai anda tertipu oleh orang yang menjual motor bekas karena anda tidak tahu harga pasaran motor tersebut.

Jangan Sembarangan Memilih Penjual
Ini sangat penting anda lakukan untuk menghindari penipuan jual beli motor. Pilihlah dealer jual beli motor bekas agar transaksi anda aman dan nyaman. Bila anda ingin membeli ke orang non dealer, pastikan anda harus mengenal dengan baik orang itu atau anda pahami secara betul spesifikasi motor yang baik.

Cek Nomor Rangka dan Mesin Motor
Periksa nomor rangkan dan mesin motor tersebut dan sesuaikan dengan yang tertera pada STNK maupun BPKB. Perhatikan lebih jelas apakah nomor rangka dan mesin motor adalah asli dan bukan ketokan kasar. Biasanya penjual atau penadah motor curian mengubah nomor rangka dan mesin motor sendiri.

Cek Kondisi Fisik Motor
Periksa kondisi body, spion, baut dan lainnya. Apakah terlihat ada goresan, kondisi retak ataupun pecah, usahakan juga lebih baik jika yang ada pada motor adalah part yang masih orisinil.

Lakukan Test Ride
Jika bisa cobalah untuk melakukan test ride motor. Mintalah kepada penjual untuk mencoba mengendarai motor tersebut. Anda akan bisa merasakan apakah motor tersebut masih layak dipakai dan tidak ada masalah pada handling maupun akselerasinya.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar