Berbagi Informasi Menarik | 2019

Jumat, 01 November 2019

Kenali Gejala Kanker Usus Sejak Dini

Kenali Gejala Kanker Usus Sejak Dini

Kanker usus besar adalah kanker yang menyerang usus besar, yaitu bagian terakhir dari saluran pencernaan. Sebagian besar kasus dimulai dari adanya tumor jinak dari sel yang disebut polip adenomatosa. Dan seiring waktu, polip ini bisa berubah menjadi kanker usus besar.

Beberapa gejala kanker usus besar ternyata mirip dengan keluhan penyakit pada umumnya. Kanker jenis ini menempati peringkat ketiga sebagai penyakit yang paling banyak ditemui, baik pada pria maupun wanita. Penyakit ini ditandai dengan sel usus besar berkembang secara tak terkendali, dan menimbulkan benjolan yang membesar secara progresif.

Biasanya, pasien terlambat menyadari kanker usus besar karena gejala penyakit yang mirip seperti sakit perut dan susah buang air besar. Namun, gejala spesifik dari kanker usus besar dapat diketahui sejak penderita masih berusia 20-an. Gejalanya meliputi:

1. Anemia
Kanker usus besar menguras pasokan sel darah merah penderita. Menurut ahli penyakit pencernaan dari Mayo Clinic, John Kisiel, tumor tumbuh dengan cepat bahkan melebihi suplai darah Anda. Sering pula, menciptakan bisul yang merembeskan darah secara berkala.

2. Berat badan turun
Tumor dapat menyebabkan Anda kehilangan nafsu makan hingga mengubah metabolisme tubuh. Keadaan ini kemudian membuat tubuh Anda kekurangan sejumlah nutrisi, sehingga penurunan berat badan kerap terjadi tanpa disadari.

3. Perdarahan rektum
Perdarahan yang terjadi menyebabkan tinja berwarna lebih gelap. Ini karena darah tersebut telah diproses oleh saluran pencernaan, sehingga turut mempengaruhi warna feses yang dikeluarkan penderita kanker usus besar. Namun demikian, jika Anda mengalami perdarahan rektum, bukan berarti Anda positif mengidap kanker usus. Sebab, penyakit seperti wasir atau fisura anus juga bisa menyebabkan keadaan tersebut. Cara terbaik untuk memastikannya adalah dengan memeriksakan diri ke dokter.

4. Susah buang air besar
Tumor yang terbentuk dapat menyumbat saluran cerna, sehingga penderita akan kesulitan untuk buang air besar. Akibat keadaan ini, tinja mesti keluar dengan susah payah, dengan bentuk yang lebih pipih. Anda juga mungkin mengalami diare.

5. Sakit perut
Jika Anda kerap merasakan sakit perut saat hendak buang air besar, ditambah dengan peningkatan intensitas buang angin bisa menjadi pertanda kanker usus besar.

Oleh sebab itu, jika Anda mengalami gejala kanker usus besar seperti yang sudah disebutkan di atas, jangan ragu untuk segera konsultasikan ke dokter. Apalagi jika gejala yang Anda keluhkan parah, berlangsung lama, dan berubah seiring waktu. Namun, banyak juga orang dengan kanker usus tidak memiliki gejala apapun hingga penyakitnya berkembang, sehingga seseorang perlu diskrining secara teratur.

Dengan mewaspadai gejala kanker usus, Anda dapat mendeteksi penyakit ini lebih awal. Semakin awal penyakit terdeteksi, maka semakin mudah pengobatan yang akan dilakukan dan peluang pasien untuk sembuh juga semakin besar.

Bila perlu konsumsi nutrisi tambahan untuk mencegah kanker sejak dini. Untuk penderita kanker, mengonsumsi Nutrican sebagai makanan diet khusus bisa menjadi opsi untuk menjaga kesehatan. Nutrican tinggi energi dan protein yang memang diformulasikan khusus untuk meningkatkan nafsu makan dan berat badan penderita kanker, termasuk kanker usus. 

Disadur dari:
  • http://bit.ly/2W53AM1
  • http://bit.ly/33YH5uH
  • http://bit.ly/2JerRtO
Share:

0 komentar:

Posting Komentar