Berbagi Informasi Menarik | 2019

Senin, 21 Oktober 2019

Lengkapi 8 Alat Pertukangan Modern Ini untuk Kebutuhan Usaha Mebel Milikmu

Alat Pertukangan Modern
Sumber: pinterest.com
Membuat sebuah bangunan tentunya memerlukan berbagai aspek pendukung, sama halnya dengan proses pembuatan furniture yang dimana memerlukan berbagai bahan baku dan peralatan yang berkualitas. Lengkapnya alat pertukangan yang ada pun menjadi salah satu faktor penting yang dibutuhkan oleh para pengrajin atau tukang pembuat furniture di tempat kerja. Dengan hadirnya peralatan tersebut, maka bisa membantu mereka dalam membuat segala furniture yang dipesan oleh konsumen dengan mudah seperti meja, pintu, kursi gantung, sofa, lemari kamar, tempat tidur dan berbagai furniture lainnya.

Selain itu, ketersediaan alat pertukangan juga bisa membantu para pengrajin untuk mengukir dan membentuk furniture yang sesuai dengan kebutuhan. Bagi kalian yang berniat membuka usaha mebel sendiri. Ada baiknya kamu menyiapkan segala alat pertukangan modern terlebih dahulu untuk kebutuhan usaha mebel milikmu. Berikut delapan peralatan penting yang wajib disiapkan. 

1. Mesin Gergaji

 Mesin Gergaji
Sumber: pinterest.com
Kalau dahulu memotong kayu menggunakan gergaji biasa yang membutuhkan tenaga dan waktu yang cukup lama. Namun sekarang ini sudah ada yang nama nya mesin gergaji yang dimana bisa memotong berbagai bahan kayu tebal dan tipis, semacam triplek untuk menghasilkan bentuk oval, lingkaran dan bentuk-bentuk yang sesuai dengan kebutuhan. Waktu yang dibutuhkan pun tidak terlalu lama. Biasanya mesin gergaji sudah dilengkapi dengan mata pisau yang cukup tipis dan cara kerjanya yang naik turun. Ada beberapa jenis mesin gergaji yang wajib dimiliki, yakni gergaji circular dan gergaji jigsaw.

2. Mesin Bor

Mesin Bor
Sumber: pinterest.com
Mesin bor adalah salah satu alat yang sering digunakan oleh para pembuat furniture. Mesin ini berguna untuk membuat lubang dinding atau kayu. Selain itu, kamu juga bisa memperbesar lubang dinding atau kayu dengan mudah di mesin bor ini. Pada umumnya, para pengrajin kayu sering menggunakan beberapa jenis mata bor, seperti mata bor baja high speed steel yang diperuntukan untuk jenis bahan kayu keras dan mata bor baja soft low carbon steel untuk bahan kayu yang tidak terlalu keras.

3. Mesin Profil

Mesin Profil
Sumber: pinterest.com
Mesin profil ini bisa mempermudah pekerjaan para pengrajin dalam membuat lubang dengan kayu-kayu yang cukup tebal bahkan dengan ketebalan sampai 55m. Contohnya, membuat lubang purusan atau lubang kunci. Mesin ini bisa diandalkan untuk membuat ukiran 2 dimensi hingga 3 dimensi. Tak hanya itu, mesin ini juga bisa digunakan untuk menghasilkan berbagai varian kerajinan kayu, misalnya biji catur. 

4. Mesin Amplas

Mesin Amplas
Sumber: pinterest.com
Jika produk sudah hampir jadi dan merasa teksturnya masih cukup kasar, maka kamu perlu yang nama melakukan pengamplasan. Ada beberapa sebagian produsen mebel yang masih menggunakan kertas amplas dan ada juga yang sudah menggunakan mesin amplas. Untuk hasil yang lebih maksimal dan cepat, ada baiknya kamu menggunakan mesin amplas untuk melakukan pengamplasan kayu. Dengan mesin amplas, maka kamu akan mendapatkan hasil permukaan kayu yang lebih halus dan rata. 

Baca juga: Persaingan Pekerjaan Manusia dan Robot di Masa Dipan

5. Roll Meter

Roll Meter
Sumber: pinterest.com
Roll meter merupakan meteran yang mempunyai konstruksi khusus yang dimana bisa menggulung secara otomatis. Namun, ada juga yang tidak bisa digulung otomatis. Pada umumnya, roll meter dibuat dari bahan material plastik atau plat baja tipis. Ada beberapa ukuran meteran yang bisa kamu temui, mulai dari 10 meter, 30 meter serta 50 meter. Alat ukur yang memiliki tingkat ketelitian sekitar 0,5 mm biasanya berguna untuk mengukur jarak atau panjang serta mengukur lingkaran.

6. Wood Chisel 

Wood Chisel
Sumber: pinterest.com
Wood chisel ini biasa digunakan oleh para pembuat furniture untuk membentuk, mengukir dan mengupas kayu. Cara penggunaan nya pun cukup mudah dan simple. Kamu hanya perlu memiliki keterampilan tangan dan konsentrasi yang sangat tinggi. Dengan begitu, maka kamu bisa mendapatkan hasil kayu yang sesuai dengan kebutuhan. Alat ini bisa digunakan untuk memahat kayu biasa dan art woodworking.

7. Palu

Palu
Sumber: pinterest.com
Berikutnya adalah palu. Alat ini sangat dibutuhkan untuk memukul segala permukaan pada media. Contohnya saja, untuk membuat pahatan yang manual atau menancapkan paku. Pilihlah beberapa ukuran palu untuk usaha mebel mu, seperti palu ukuran besar dan palu ukuran kecil. Dengan adanya palu, maka bisa memudahkan para pengrajin kayu saat ingin untuk menancapkan paku pada permukaan kayu dan lain sebagainya.

8. Pengukur Sudut

Pengukur Sudut
Sumber: pinterest.com
Alat yang satu ini merupakan alat ukur yang dirancang khusus untuk mengukur kemiringan kayu sudut secara akurat. Ada beberapa alat ukur, seperti siku-siku silang 90 derajat yang dimana bisa memeriksa garis sudut pada 90 derajat serta kerataan permukaan. Dan ada siku-siku putar untuk mengukur kemiringan sudut yang ingin dibuat. Sehingga bisa membantu segala pekerjaan yang berhubungan dengan sudut.

Demikianlah informasi tentang alat-alat pertukangan modern yang wajib dimiliki untuk kebutuhan usaha mebel milikmu. Semoga informasi-informasi diatas ini bisa bermanfaat bagi banyak orang.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar