Berbagi Informasi Menarik | 2019

Kamis, 12 September 2019

Jangan Panik, Inilah Pertolongan Pertama Saat Keracunan Makanan yang Tepat

Jangan Panik, Inilah Pertolongan Pertama Saat Keracunan Makanan yang Tepat

Menjaga kesehatan diri itu bisa dimulai dari banyak hal, salah satunya lebih selektif dalam memilih jenis makanan seperti apa yang dikonsumsi setiap hari. Bukan hanya untuk masalah kesehatan saja tetapi memilih makanan juga menjadi usaha supaya tidak salah dan mengalami keracunan makanan setiap harinya. Keracunan merupakan kondisi dimana akibat mengkonsumsi makanan yang telah terkontaminasi oleh virus, bakteri, zat beracun, sampai dengan beberapa organisme lainnya. Seperti yang dipahami bersama jika zat beracun bisa saja mencemari makanan dari mana saja dan kapan saja.

Ketika mengalami keracunan sering sekali seseorang merasa tidak sadar, panik dan bahkan tidak tepat melakukan pertolongan pertama. Hal itu terjadi pada orang tua, dimana anaknya yang salah makan lalu panik untuk mengatasi masalah tersebut. Padahal kepanikan itu bisa berakibat buruk pada kondisi anak. Untuk itu perlu pemahaman yang baik seperti apa langkah untuk mengatasi masalah keracunan seperti:

1. Konsumsi banyak air
Bila penderita mengalami keracunan seperti muntah atau diare, segera berikan pertolongan pertama dengan konsumsi air mineral secara cukup. Selain itu juga oralit yang dapat menggantikan cairan elektrolit dalam tubuh yang hilang. Tetapi jangan terlalu cepat konsumsi mineral karena bisa memperburuk mual atau muntah jadi bisa sedikit demi sedikit.

2. Buang air kecil
Orang yang mengalami keracunan harus buang air secara berkala, selain itu harus diperhatikan pula seperti apa warna urine yang dihasilkan. Jika memang gelap itu tandanya dehidrasi, bila itu terjadi minimalisir dengan menggunakan air secara cukup atau pergi ke rumah sakit segera.

3. Konsumsi makan ringan
Begitu mengalami keracunan makanan bisa konsumsi dengan beberapa makanan ringan atau camilan seperti biskuit, roti, nasi putih atau bisa juga pisang. Ini merupakan salah satu usaha melakukan pertolongan pertama.

4. Minum obat tablet karbon
Selanjutnya Anda bisa memberikan jenis obat tablet karbon untuk menyerap berbagai racun yang masuk dalam pencernaan. Meskipun jenis yang satu ini cukup dijual bebas dan mudah sekali Anda temukan, tetapi akan lebih baiknya juga sesuai dengan anjuran dokter.

5. Minum susu
Bila memang tidak ada tablet karbon seperti yang disarankan pada poin sebelumnya, Anda bisa menggunakan atau konsumsi jenis susu. Tidak berbeda dengan sebelumnya, konsumsi susu juga berfungsi untuk mengikat racun dalam saluran pencernaan dan merangsang penderita untuk muntah sehingga racun yang ada dalam tubuh bisa keluar. Hal itu tidak berlaku pada penderita yang mengalami diare.

6. Bawa kerumah sakit
Hal selanjutnya yang bisa dilakukan setelah beberapa poin sebelumnya adalah membawa kerumah sakit. Dimana ini merupakan salah satu usaha melakukan pertolongan jika beberapa langkah sebelumnya belum bisa mengatasi secara baik. Minimal Anda bisa menelpon bagian rumah sakit untuk segera melakukan pertolongan sebelum semuanya lebih terlambat lagi.

Nah, itulah beberapa cara atau pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan untuk membuat pasien lebih mendingan. Setelah itu, Anda harus paham ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab keracunan makanan dan harus segera untuk dihindari. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, ada virus bakteri, racun, parasit sampai dengan berbagai jenis bahan kimia. Masing-masing tersebut mempunyai jenis yang sangat banyak sekali. Umumnya dokter ahli harus melakukan pemeriksaan lebih intensif untuk mengetahui seperti apa yang menyebabkan keracunan. Jangan panik, paling penting selalu lakukan usaha melakukan pertolongan baik dan tepat.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar