Berbagi Informasi Menarik | 2019

Kamis, 25 April 2019

Manfaat dan Bahaya Gula Pasir Bagi Kesehatan

Manfaat dan Bahaya Gula Pasir Bagi Kesehatan

Gula pasir merupakan produk yang sangat dibutuhkan dan juga merupakan bahan pokok yang sangat dibutuhkan. Rasanya yang manis menambah kenikmatan aneka makanan atau minuman. Karbohidrat sederhana ini terbuat dari sari tumbuhan, seperti tebu, nira, aren, dan kelapa. Selain rasanya enak, gula pasir murah sangat mudah untuk didapatkan. Menurut penelitian, gula ternyata menyimpan banyak manfaat tak terduga bagi tubuh.

Namun jika mengkonsumsi gula berlebih bisa meningkatkan berat badan. Akan tetapi ada banyak ancaman lain dari gula bagi kesehatan tubuh. Nah, oleh sebab itu dalam artikel ini saya akan mengulas tentang manfaat dan ancaman bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Gula Pasir Bagi Tubuh

Meredakan nyeri haid

Ternyata kandungan gula bermanfaat untuk meredakan nyeri dan kram haid yang kerap membuat wanita tidak nyaman. Gula juga bisa memperbaiki mood dan meredakan rasa pegal-pegal ketika haid.

Cobalah secangkir teh hangat yang beraroma peppermint dengan sedikit tambahan gula yang tidak mengandung lemak dan kolesterol.

Menghaluskan kulit wajah dan bibir

Coba untukmembuat scrub sendiri menggunakan gula pasir dan madu murni. Oles pada permukaan kulit wajah dan bibir lalu pijat perlahan dengan gerakan memutar. Diamkan hingga 15 menit lalu bilas dan keringkan. Gula pasir juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati sehingga membuat kulit terasa lebih halus dan lembut.

Meningkatkan energi dengan cepat

Gula yang masuk ke dalam tubuh akan diubah menjadi glukosa yang menghasilkan energi sangat cepat. Oleh karena itu, gula baik dikonsumsi saat tubuh lemas dan kelelahan, misalnya setelah berolahraga, saat bangun tidur, saat dehidrasi, dan sebagainya.

Meredakan stres

Tak heran saat kita dilanda stres, cokelat dan es krim menjadi obat yang mujarab. Ternyata gula memang mengandung hormon dopamine yang bisa menimbulkan rasa bahagia dan meredakan stres.

Meningkatkan tekanan darah

Bagi orang yang menderita tekanan darah rendah biasanya kepala sering terasa ringan dan pusing, bahkan tubuhnya bisa sangat lemas, limbung lalu jatuh pingsan. Hal ini disebabkan oleh kurang lancarnya aliran darah dan oksigen menuju otak. Kondisi seperti ini salah satunya dapat diatasi dengan mengonsumsi gula yang berguna sebagai sumber energi.

Meningkatkan fungsi otak

Saat konsentrasi menurun dalam mengerjakan suatu hal, itu tandanya tubuh Anda butuh gula. Dengan cepat gula akan meningkatkan fungsi otak sehingga dapat bekerja lebih baik.

Bahaya Gula Pasir Bagi Kesehatan Tubuh

Jantung

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa konsumsi gula secara berlebih mampu mengganggu mekanisme jantung dalam memompa darah. Sehingga jika hal itu dibiarkan, gula sama saja dengan meningkatkan risiko gagal jantung.

Lemak di perut

Kasus obesitas semakin meningkat karena banyak orang menjalani gaya hidup yang tidak sehat, salah satunya adalah konsumsi gula berlebihan. Gula memang berperan sebagai salah satu penyebab utama lemak tertimbun di lingkar pinggang dan perut.

Kanker

Konsumsi gula dalam jumlah tinggi sama dengan kesempatan bertahan hidup yang relatif rendah bagi para penderita kanker, khususnya kanker payudara dan kanker usus besar.

Kecanduan

Sifat gula sangat buruk, hampir sama dengan alkohol yang bisa membuat seseorang kecanduan. Ketika gula ditinggalkan, 'pecandu' akan terus merasa lapar dan ingin makan gula lagi.

Hati

Penelitian lain tahun yang lalu juga membuktikan bahwa gula dan alkohol punya efek yang sama bagi hati, yaitu bersifat racun. Fungsi hati bahkan bisa mengalami gangguan serta kerusakan akibat konsumsi gula berlebihan.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar